Rabu, 06 Maret 2013

Keagamaan

    • Perilaku yang Mncerminkan Penghayatan terhadap Sejarah Perkembangan Islam pada Abad Pertengahan
      


                    Mempelajari sejarah perkembangan islam pada abad pertengahan mempunyai manfaat yang sangat besar dalam kehidupan umat manusia. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan islam pada abad pertengahan antara lain :
          
·           1. Islam telah memberi kesempatan yang luas kepada umatnya untuk mencapai cita-cita, baik dalam bidang keagamaan maupun menjadi pemimpin masyarakat. akan tetapi cita-cita yang baik tersebut harus ditempuh dengan cara yang baik dan demokratis pula. jalan untuk menjadi pemimpin terbuka lebar, namun tidakk dibenarkan apabila menggunakan cara-cara yang kurang terpuji.. Pemimpin yang baik adalah yang dipilih rakyat, bukan mencalonkan diri apalagi dengan melakukan kekerasan. islam memberi tuntunan untuk bermusyawarah dalam penyelesaian urusan bersama.
·          
·         2. Kita sebagai umat islam perlu meneladani para pemimpin kita yang telah gigih dalam berusaha dan berjuang untuk menegakkan panji-panji islam. kemajuan yang dicapai oleh dinasti-dinasti pada masa klasik dan pertengahan perlu untuk diteladani, baik dalam penyiaran atau metode dakwah agama, ilmu pengetahuan maupun kebudayaan pada umumnya. dengan menguasai ilmu pengetahuan dan kebudayaan, umat islam akan dapat maju dan mempunyai kedudukan yang kuat. Tanpa pengetahuan dan kebudayaan yang memadai, umat islam akan tetap tertinggal dari umat-umat lain. para pemimpin umat dan pemuka masyarakat mempunyai peran yang cukup besar dalam upaya meningkatkan kecerdasan umat. oleh karena itu, para pemimpin dan pemuka masyarakat diharapkan andilnya secara aktif untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan mengurangi kecintaan terhadap dunia semata-mata. peran pemimpin amat besar dalam upaya dakwah islam, peningkatan ilmu pengetahuan, dan kebudayaan umat.
         
                Dengan memperhatikan sejarah umat islam di masa lalu, khususnya pada abad pertengahan, maka dalam kehidupan sehari-hari kita akan memiliki sikap dan perilaku yang dapat mencerminkan nilai-nilai penghayatan sejarah, antara lain :
         
·         1. Dalam mencapai suatu cita-cita hendaklah menggunakan cara-cara yang arif (bijaksana). apabila cita-cita tersebut berkaitan dengan kepentingan bersama, hendaklah mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.
·         2. bertindak adil dan bijaksana terhadap siapa pun, menghindarkan diri dari bertindak sewenang-wenang (terutama disaat berkuasa). senantiasa memberikan memberikan keteladanan yang baik di saat memegang kepemimpinan dalam suatu kelompok masyarakat.
·         3. Menjunjung tinggi terhadap kemajuan Iptek dan memberi dorongan kepada generasi muda untuk selalu meningkatkan kemampuannya dalam bidang ilmu pengetahuan.
·         4. memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kemajuan beragama bagi masyarakat dan lingkungannya.







1 komentar: